Saturday, April 2, 2016

Jalan-jalan ke Museum Louvre di Paris (Tips dan Trik!)

Halo semuanya! Saya selalu ingin mengunjungi museum Louvre di Paris sejak saya di SMA dan sebenernya saya juga masih gak percaya bahwa saya sudah mengunjungi kota Paris dengan mata saya sendiri, melihat menara Eiffel dan bangunan-bangunan indah dari dulu yang berdiri sampai sekarang di Paris.
Sebelum saya mengunjungi museum ini saya melakukan research di internet untuk mencari tips dan trik agar tidak ngantri panjang dan lama di museum ini. Museum Louvre adalah museum terbesar dan teramai di dunia karna setiap hari nya saja ada beratus ribu orang mengunjungi museum ini. Untuk masuk ke museum ini selain bisa masuk dari pintu utama, kalian bisa masuk dari beberapa pintu masuk yang tersedia. Mulai dari pintu masuk mall dan pintu masuk utama di Pyramid besar. Dan saya akan berbagi tips dan trik jika kamu ingin mengunjungi Museum Louvre.



  •  Datang pagi-pagi sebelum ramai

Arti dari pagi-pagi sih maksudnya bukan berarti ngantri dari subuh tapi pagian kayak pas museum buka mungkin sekitar jam 9 pagi atau 10 pagi. Dari pengalaman saya, waktu itu saya mengunjungi Carousel mall (salah satu pintu masuk ke Louvre) sekitar jam 10 pagi itu antrian untuk ke security check masih sepi banget sementara di depan Pyramid udah mulai banyak orang ngantri. Dan disaat saya balik lagi sekitar pukul jam 2 siang untuk masuk ke museum di tempat yang sama di pintu masuk mall, itu ngantri nya panjang banget banget. Ngantri nya sekitar 100-150m dari security check tapi tetap jalan sih dan cepet juga. Jadi kurang lebih itu 15-30 menit saya nunggu sampai akhirnya selesai security check udah bisa langsung masuk ke museum kalau sudah punya ticket atau bisa beli ticket dulu dan antrien tiket di dalem setelah security check sebenarnya sepi dan tidak sepanjang pas security check.
                    
  •    Masuk dari pintu masuk alternatif

Louvre ini museum terbesar dan teramai di dunia dan pengunjung nya perhari pun banyak banget. Kalau kalian masuk dari pintu utama yaitu di Pyramid nya itu biasanya ngantri panjang dan bahkan dari kejauhan pun kalian bisa liat orang ngantri. Kalau kalian ingin mengunjungi di high season which is summer holiday di bulan juni – agustus itu emang bakalan ramai dan pasti ngantri panjang dan  lama banget di Pyramid nya. Louvre ini punya beberapa pintu masuk alternative selain di pintu utama:

1.   Carrousel entrance
Nah ini adalah pintu masuk yang saya lalui untuk masuk ke Louvre. Kalau kalian ke Louvre nya melalui Metro dan turun di Palais Royal Musée du Louvre itu gampang banget tinggal nyebrang ke arah Louvre dan liat ada tanda pintu masuk ke Carousel (kayak ada terpal merah bacaan Carousel) dan ikut turun elevator dan ikutin tanda panah menuju Louvre.



















    

     2.    Porte Des Lions
Nah pintu masuk ini itu di bagian kanan nya pyramid kalau berdirinya di Arc de Triomphe du Carousel ya. Tapi kayaknya untuk sementara ini pintu masuk nya lagi di tutup dulu jadi pilihan cuman ada di Carousel atau ya pintu utama.

  •        Beli tiket in advance
Untuk ini emang penting banget menurut saya untuk lebih hemat waktu. Kamu bisa beli tiket sebelum pergi ke Paris dan print di rumah tiketnya. Bisa langsung beli tiket di website museum Louvre nya atau bisa lewat website viator.com atau tiqets.com. Kalau saya karena website official louvre nya error mulu disaat saya mau beli jadi saya lewat tiqets.com dan itu mudah banget. Kalian bisa reservasi tiket nya dan bisa bayar pake credit card atau paypal nah abis itu bakal dapet confirmasi dan barcode buat ambil tiket di tempat pengambilan di paris. Lebih mudahnya lagi, buat nuker tiket nya itu letaknya di sebrang museum atau di dekat tempat keluar metro Palais Royal Musée du Louvre di took kecil yang jualan newspaper and magazine dan bentuknya kecil warna ijo itu. Setelah itu orang penjual akan kasih tiket ke kamu dan beres deh kalian bisa langsung masuk ke museum setelah security check langsung ke wings yang kalian tuju!

  •       Plan mau liat apa dan di mana letaknya

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa Louvre itu museum yang sangat besar dan bahkan untuk kalian mengelilingi semua wings dan melihat SEMUA patung/lukisan di Louvre itu bisa sebulan baru beres. Tips nya adalah research dulu tempat mana yang ingin kamu kunjungi, lukisan apa yang kamu ingin liat dan sebagainya. Untuk saya sendiri, saya ingin melihat lukisan dari pelukis italia dan perancis, contohnya Monalisa dan itu ada di denon wings semua. Dan saya juga mengunjungi apartment Napoleon ke 3 di Richeliu wings dan total keliling itu ada sekitar 2.5-3 jam habis. Bahkan keliling nya itu banyak banget saya skip lukisan, ga sempet baca deskripsinya dll, jadi sebenernya kalo mau puas mungkin seharian penuh di Louvre juga udah cukup. Jadi di Louvre itu di bagi 3 bagian atau 3 gedung:



a.   Denon Wings
Nah ini pusat nya lukisan-lukisan terkenal semua, termasuk Mona Lisa karya dari Leonardo Da Vinci. Rata-rata lukisan terkenal semuanya ada di Grand Galerie dan itu luas dan panjang banget kayak gak selesai-selesai jalannya. Disini juga terdapat Galerie d’apollon, salah satu peninggalan dari jaman raja dulu dan ini salah satu tempat favorit saya di Louvre. Galerie d’apollon ini adalah model untuk Hall of Mirrors di Istana Versailles jadi kalo kalian bandingin foto antara kedua tempat itu mirip banget. Isi di dalam ruangan ini berbagai peninggalan kerajaan mulai dari mahkota dan lukisan/gambar raja Louis ke 14 dan juga lukisan para arsitek/pelukis yang meng-design ruangan ini.
















b.   Sully Wings
Disini kalian bisa nemu patung2 atau benda-benda antik dari jaman Yunani, Egypt dan bahkan Islamic antiques. Menurut saya sih ini agak sepi pengunjung liat karena mostly mereka langsung ke Denon wings. Di sini yang saya suka adalah Greek sculptures yang indah banget cuman sayangnya saya ga sempet melihat Venus de Milo atau patung Aphrodite yang terkenal itu karena waktunya udah mepet banget jadi saya harus langsung pergi ke Richeliu.

c.    Richeliu Wings
Disini kalian bisa ke Apartment Napoleon ke 3/ peninggalan kerajaan atau liat lukisan-lukisan dari pelukis Perancis. Saya cuman ada waktu untuk melihat apartment Napoleon ke 3 dan itu bener-bener indah, mewah banget diliat. Berasa langsung balik ke masa jaman dulu disaat mereka masih hidup rasanya gimana ya tinggal disana. Mulai dari ruang tamu, ruang makan, bahkan tempat tidur pun ada disitu.
  











  •        Pake sepatu/baju yang nyaman

Last but not least, simple but important. Ini bener banget sih pake sepatu yang nyaman tuh berarti banget karena kamu bakalan jauh kesana kesini tiap wings dan itu jauuuuh banget untuk kesana kesini nya. Saya waktu itu pake boots sih karena cuaca juga masih musim dingin dan agak capek dan pegel juga kakinya. Makanya saya sarankan sih lebih baik pake walking shoes atau comfy sneakers biar enak kamu jalan kesana-sini nya.


Sekian tips dan trik dari saya semoga membantu kamu yang ingin mengunjungi Museum Louvre di Paris. Have a nice day, merci!

No comments: